Notification

×

Iklan

Image

Iklan

Image



PERKEMBANGAN COVID-19 DI INDONESIA




Di Dampingi Menteri Perhubungan, Bambang Hermanto: Pelabuhan Patimban Ini Harus Memberikan Manfaat Kepada Masyarakat Luas

Sabtu, 18 Desember 2021 | 08.10 WIB Last Updated 2021-12-18T01:10:52Z


Barakreportase.com, Subang-Anggota Komisi V Dewan Perwakilan rakyat Indonesia (DPR-RI) H.Bambang Hermanto.SE menhadiri penyerahan pengelolaan Terminal Kendaraan (Car Terminal) kepada PT Pelabuhan Patimban International (PPI), setelah sebelumnya dioperasikan sementara oleh Kemenhub melalui penugasan kepada PT Pelindo,Jumat (17/12).


Turut hadir dalam kegiatan ini Menteri perhubungan Budi Karya Sumadi,Wakil DPR RI Rahmat Gobel, Komisaris Utama PT PPI Chairul Tanjung, Komisaris PT PPI Chairal Tanjung, perwakilan dari JICA, Toyota Tsuho Corporation, jajaran Kemenhub, dan instansi terkait lainnya


"Saya sebagai anggota dewan yang mewakili masyarakat sekitar berharap adanya transfer knowledge dan perhatian untuk masyarakat sekitar agar masyarakta sekitar tidak terus menjadi penonton dengan begitu keberadaan Patimban dapat memberikan manfaat yg luas bagi masyarakat Subang Indramayu dan sekitarnya,"Kata Bambang Hermanto usai acara.



Bambang mengatakan, serah terima pengoperasian dari JICA ke PT. PPI menandakan dimulainya kegiatan di pelabuhan Patimban. Keberhasilan pemerintah dan seluruh yang terkait dalam membangun Pelabuhan Patimban melalui consorsium JICA "tentu harus kita apresiasi".


Ia menjelaskan, Pelabuhan Patimban adalah merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), yang memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan perekonomian di wilayah Jawa Barat dan juga secara nasional.


Pelabuhan Patimban akan menjadi cikal bakal kawasan industri dan perkotaan baru di Jabar bernama Rebana (Cirebon, Subang, Patimban dan Kertajati) Metropolitan, yang meliputi enam kabupaten dan satu Kota Cirebon, dengan jantung pertumbuhan kawasan Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati. Dan di dalam area pelabuhan terdapat fasilitas pelabuhan, seperti dermaga peti kemas (421,025m x 34,2m), dermaga kendaraan (308,6m x 33m), perpanjangan trestle (333,1m), lapangan penyimpanan kendaraan (kapasitas 218.000 CBU), lapangan penumpukan peti kemas (kapasitas 250.000 TEUs), area reklamasi (60 Ha), pengerukan kolam (-10 m), jalan pelabuhan dan gedung administrasi.



Bambang berharap, dengan di operasikan Pelabuhan Patimban harus mampu meningkatkan daya saing logistik Nasional. Selain melayani kegiatan ekspor-impor kendaraan, keberadaan Pelabuhan Patimban diharapkan mampu menggerakkan ekonomi sektor UMKM, sektor pertanian, industri kreatif dan sektor lainnya agar masyarakat subang-indramayu khususnya dapat menikmati adanya pelabuhan ini.



"Selamat kepada PPI yang sekarang menjadi operator Pelabuhan Patimban, dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU),"pungkas Bambang Hermanto.,(Nang).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini