Notification

×

Iklan

Image

Iklan

Image



PERKEMBANGAN COVID-19 DI INDONESIA




Dengan Program SMK PK_SMK Al Huda Kedungwungu Siap Cetak Lulusan Berkompetensi Industri

Rabu, 20 Oktober 2021 | 13.36 WIB Last Updated 2021-10-20T06:36:17Z




Barakreportase.com ,Indramayu-SMK AL Huda Kedungwungu mendapatkan SK dari Kemendikbud Ristek (No. 37/D/DM/2021) Sebagai SMK Pusat Keunggulan Sektor Hospitality. dimana SMK Al Huda Kedungwungu harus melakukan Penyelarasan mendalam dan menyeluruh dengan Dunia Kerja.



Kepala Sekolah SMK Al-Huda Kedungwungu Kecamatan Anjatan Syaiful Mujab berharap bahwa dengam mendapatkan SK dari Kemendikbud Ristek (No. 37/D/DM/2021) Sebagai SMK Pusat Keunggulan Sektor Hospitality  tersebut menjadi pendorong bagi banyak SMK untuk bermitra lebih erat dengan industri. Karenanya, kemitraan dengan industri sejatinya harus mampu mendongkrak pembelajaran yang aktif, inovatif, dan dinamis bersama industri.



“Manfaat-manfaat (pelatihan bersama industri) seperti ini senantiasa akan membantu kami mengembangkan sekolah dan kualitas lulusan sekolah kami, terlebih jika kami juga bisa melakukan “getok tular” pengalaman dan kemampuan kami kepada SMK-SMK lain,” ujar syaiful Mujab, Rabu (20/10/2021).



Pengembangan SMK Berawal dari Peningkatan Kapasitas SDM


Program SMK Pusat Keunggulan yang berfokus pada penguatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan, serta mendekatkan sektor pendidikan dengan dunia kerja profesional. Program SMK Pusat Keunggulan memberikan jalan untuk dapat memerdekakan potensi guru, kepala sekolah, dan siswa, serta menciptakan ekosistem berkebinekaan yang berstandar global.



Syaiful menambahkan bahwa fokus program SMK Pusat Keunggulan adalah penguatan SDM, yaitu penguatan kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru. 


“Penguatan ini diberikan melalui program pelatihan dan pendampingan intensif untuk mewujudkan manajemen dan pembelajaran berbasis dunia kerja,” ungkapnya.


Inovasi dari program SMK Pusat Keunggulan ujar syaiful adalah, adanya pendampingan oleh perguruan tinggi. Perguruan tinggi akan terlibat dan berperan sebagai kakak pendamping. Misalnya, dijelaskan saeful, perguruan tinggi dengan pengalaman, rekam jejak, dan jejaring yang baik dengan dunia kerja dapat membantu mempercepat akses SMK Al-Huda untuk bermitra dengan dunia kerja. Perguruan tinggi juga dapat mendorong perbaikan kualitas dan kinerja SMK Al-Huda dalam perencanaan dan pengelolaan program.


Petunjuk Teknis SMK Pusat Keunggulan


Kepala SMK Al-Huda Saeful Mujab menjelaskan, Dengan Link and Super Match (8+i) 1. Kurikulum disusun bersama Dunia Kerja 2. Pembelajaran Berbasis Project riil dari Dunia Kerja (PBL) 3. Jumlah dan Peran Guru/Instruktur dari Industri dan ahli dari Dunia Kerja 4. Praktik Kerja Lapangan/Industri 5. Sertifikasi 6. Update Teknologi dan Pelatihan bagi Guru/Instruktur 7. Riset terapan mendudkung teaching factory 8. Komitmen Serapan i. Berbagai kemungkinan kerjasama yang dapat dilakukan dengan dunia kerja antara lain : Beasiswa dan atau Ikatan Dinas.Bahwa program SMK Al-Huda akan terus  berjalan  untuk melihat perkembangan sesuai tahap-tahap yang telah direncanakan dalam desain program. Dalam kurun waktu tersebut, diharapkan sudah ada dampak yang bisa dilihat, terutama pada kualitas lulusan yang siap kerja sehingga dapat terserap ke industri maupun menjadi wirausaha.



“Kalau SMK Alhuda ini sudah bagus, bisa jadi tahun ini sudah masuk ke level yang di harapkan. Jadi, Dengan program ini kita akan terus meningkat agar masuk kriteria yang sudah  ditentukan, kira-kira itu pada tahun ini,” ungkap Syaiful


Menurutnys, SMK Al-Huda diharapkan mampu mengembangkan pendidikan kejuruan yang semakin relevan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat yang senantiasa berubah sesuai dengan perkembangan dunia usaha/industri dan menjadi pendukung kearifan/keunggulan lokal pada sektor pembangunan ekonomi tertentu atau mendukung kebijakan pemerintah dengan kekhususan lainnya, serta mampu mendukung proses pembelajaran secara teratur dan berkelanjutan,Pungkasnya, (Nang).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini