Notification

×

Iklan

Image

Iklan

Image



PERKEMBANGAN COVID-19 DI INDONESIA




Kunjungi Sanggar Tari Topeng, Nina Agustina Ingatkan Pentingnya Lestarikan Budaya Asli Indramayu

Jumat, 05 Maret 2021 | 02.51 WIB Last Updated 2021-03-04T21:32:45Z
Foto: Doc. Pribadi


Barakreportase.com
, Indramayu
-Bupati Indramayu Nina Agustina mengunjungi Sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah di Jl. Pendawa Desa Pekandangan, Kecamatan dan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Kamis (04/03/2021).


Kunjungan tersebut sebagai bentuk komitmen Pemda Kabupaten Indramayu terhadap eksistensi seni.


Setibanya di tempat, Bupati Indramayu beserta rombongan disambut langsung oleh Camat Indramayu Asep Kusdiyanti, Kapolsek Indramayu AKP H. Suhendi, Danramil Indramayu diwakili Serda Nurjono dan Ketua Yayasan Sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah Edi Topeng.


Dalam kunjungannya Nina mengingatkan kepada publik, bahwa tari merupakan budaya asli Indramayu yang perlu dilestarikan.


Kecintaan Pemkab Indramayu terhadap Tari Topeng, menggerakan pihaknya akan rencana tindak lanjut dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Budpar untuk memasukan Seni Tari Topeng dalam muatan lokal di tingkat Sekolah Dasar.


“Insya Allah, nanti pak Kadis Budpar dan Kadis Pendidikan akan mengkaji rencana tersebut, agar (tari Topeng, red) ke depan bisa masuk dalam mulok tingkat SD di Indramayu. Karena merupakan kesenian asli dari Indramayu. Jangan sampai kalah dengan daerah lain,” ujarnya.


Nina meminta doa dan dukungan dari pelaku seni dan seluruh masyarakat Kabupaten Indramayu, agar dapat membawa Visi Indramayu Bermartabat kiranya dapat terwujud dengan baik dan ke depan.


"Terima kasih kepada pengelola Sangar Mimi Rasinah, semoga sukses dan bisa memajukan kesenian Indramayu di kancah nasional maupun internasional. Mudah-mudahan,” kata Nina.


Untuk diketahui, mendiang Mimi Rasinah sang Maestro seni Tari Topeng Indramayu pernah mendapatkan penghargaan dalam momentum Life Time Achievement dalam Festival Topeng Nusantara 2010. Namun sayangnya, kesenian tari Topeng Indramayu tersebut, di tengah-tengah masyarakat justru lebih dikenal dengan nama tari Topeng Cirebon. 








Nanang

Editor: Ilham Gunawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini