Notification

×

Iklan

Image

Iklan

Image



PERKEMBANGAN COVID-19 DI INDONESIA




Empat Tangki Kilang Balongan yang Terbakar Sudah Padam

Rabu, 31 Maret 2021 | 17.57 WIB Last Updated 2021-03-31T10:57:15Z



Barakreportase.com, Indramayu - Empat buah tangki gasoline yang terbakar di Kilang Balongan seluruhnya berhasil dipadamkan, Rabu, (31/3/2021) jam 14.30 WIB. 


Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto, menjelaskan upaya offensive fire fighting yang dilakukan petugas gabungan berhasil memadamkan titik terakhir sumber api. 


Selanjutnya petugas pemadam melakukan upaya pendinginan, menghindari munculnya titik api baru.


"Semua tangki yang sebelumnya terbakar sekarang sudah dipadamkan oleh tim kami," ungkap Agus dalam rilis yang ditulis


Beberapa jam sebelumnya, upaya pemadaman (fire fighting) empat tangki gasoline yang terbakar di Kilang Balongan membuahkan hasil. 


Sampai Rabu 31 Maret 2021 jam 14.00 WIB, tiga dari empat tangki telah berhasil dipadamkan oleh tim gabungan.   


Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto, menyatakan setelah 2 tangki padam tadi pagi, pada pukul 08.30 WIB, PT Pertamina (Persero) memastikan api di tangki T-301G berhasil dipadamkan.


"Kabar gembira, tangki T-301G telah padam. Kerja keras tim emergency di lapangan terus berlanjut untuk mematikan api di tangki terakhir," ungkap dia.


Skenario pemadaman titik api di tangki T-301F, lanjut Agus, terus dilakukan. Saat ini tim emergency sedang mengarahkan pengaturan orientasi peralatan fire fighting dengan sasaran tangki T-301F yang masih menyisahkan api.


"Diharapkan api di area tangki T-301 seluruhnya dapat padam hari ini. Kami masih terus melakukan upaya pendinginan di 3 tangki yang telah padam dan memastikan tidak ada potensi api muncul kembali. Kami mohon doa dari masyarakat Indonesia," tukas Agus.


Sebelumnya, penanganan insiden kebakaran 4 tangki di area T-301 Kilang Balongan, petugas berhasil memadamkan api di 1 tangki sekitar pukul 01.30 WIB dini hari. Selanjutnya disusul 1 tangki lagi sekitar pukul 06.44 WIB. 


Agus menambahkan, pengaturan orientasi peralatan fire fighting sudah dilakukan dan akan segera dimulai fire fighting kembali setelah peralatan on position, dengan sasaran tanki yang masih terbakar.


Secara teknis dijelaskan, pada awal kejadian tim emergency Pertamina telah melokalisir titik api di dalam bundwall atau tanggul di sekeliling tangki T-301 dimana terdapat 4 Tanki penyimpanan BBM. 


Pemadaman juga dilakukan dengan menggunakan Foam ke Perimeter Bundwall dan pusat nyala api serta mengerahkan 10 mobil pemadam kebakaran, yang terdiri dari Mobil Damkar Pertamina Group dan Pemda setempat.


Untuk memastikan kondisi pemadaman di seluruh tangki terdampak, PT Pertamina (Persero) masih terus melakukan pendinginan dan pengawasan hingga seluruh titik dinyatakan aman. 


Setelah dinyatakan tidak ada potensi api akan muncul kembali, selanjutnya persiapan untuk start up pengoperasian kilang akan mulai dilakukan.


"Terima kasih atas doa dan dukungan seluruh pihak dan masyarakat terkait penanggulangan insiden kebakaran di tangki T-301. Semoga Kilang Balongan dapat beroperasi kembali setelah inspeksi menyeluruh dilakukan," pungkas Agus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini