Notification

×

Iklan

Image

Iklan

Image



PERKEMBANGAN COVID-19 DI INDONESIA




SHS Band, Ajak Masyarakat Indramayu Cintai Budaya Lokal Lewat Seni Tarling

Jumat, 26 Februari 2021 | 21.53 WIB Last Updated 2021-02-26T16:03:07Z
SHS Band.


Barakreportase.com, Indramayu
- Lahir di kota mangga, Indramayu, Jawa Barat, sebuah band bergenre tarling bernama SHS (Suara Hati Suami) muncul ke permukaan dan menjadi salah satu band yang potensial, lengkap dengan karya cipta dan pesona yang mereka hadirkan.


Berangkat dari kesamaan situasi sosial yang dialami semua personelnya, justru membuat Riza yang merupakan inisiator SHS band sekaligus pencipta lagu, berinisiatif untuk membuat karya melalui membentuk band tarling. Kreasi tersebut kemudian bermuara pada lagu pertamanya, yang berjudul “Pengen Midang”.


Tidak disangka, lagu pertama yang mereka  keluarkan berbarengan dengan video klipnya di akun Youtube DiGi Record Std ini, sekaligus menjadi debut awal mendapat respon positif dan banyak apresiasi dari masyarakat. Khususnya di kalangan para pecinta musik tarling.


Tak ingin berpuas diri, band yang digawangi oleh 6 orang yang sama-sama telah memproklamirkan diri sebagai para suami-suami yang takut istri ini, yakni Riza, Wawan, Daonk, Aep, Ato dan Demes pada waktu dekat, rencananya akan kembali merilis lagu barunya dengan judul yang kini masih dirahasiakan rapat-rapat.


Tidak seperti band-band pada umumnya, SHS band lebih memilih tarling sebagai genre yang digeluti. Menurut pengakuan para personelnya, selain sebagai media penyalur hobi dan nasib, misi SHS band adalah untuk ikut mengkampanyekan musik tarling kepada khalayak muda dan masyarakat umum, agar lebih digemari kembali, bahwa musik tarling yang merupakan bagian asli dari budaya lokal Indramayu-Cirebon wajib untuk dilestarikan.


Ditemui di sela-sela kesibukan para personelnya, SHS band menuturkan jika secara genre mereka masih konsisten menggaris bawahi musik tarling dalam benang merah karyanya hingga ke depan.


Mewakili rekan-rekannya, Demes Hans atau yang akrab dipanggil Papa Hanung oleh istrinya mengatakan, jika SHS band adalah wadah kumpulan orang-orang yang memiliki nasib sama, sekaligus sebagai rumah kedua bagi para personelnya.


"Kualifikasi syarat utama bisa masuk SHS band adalah harus takut sama istri sendiri. Tapi tetep, sih, lebih utamanya harus takut sama Allah. Ini serius lho, Mas. Sebelum diterima, ada tahapan interview dulu. Waktu itu saya diwawancarai sama Kang Riza dan Paman Pati Ochol Dhut. Lalu setelah itu, baru dites main alat musik," ujar Demes saat diwawancarai, Jum'at (26/02/2021).


Meskipun terbilang band ‘daerah’, namun jumlah para penikmat karyanya terbilang cukup banyak, dan hal tersebut kemudian memancing rasa penasaran tim redaksi, untuk mengetahui apakah ada treatment khusus dari SHS band kepada barisan penggemarnya.


"Gak ada sih, Mas. Mungkin orang-orang bisa suka sama lagunya karena senasib seperjuangan sama isi lagunya. Wk wk wk," terangnya.


Untuk diketahui, lagu SHS band yang berjudul "Pengen Midang", hingga artikel ini ditayangkan telah mencapai 4,5 ribu kali tonton dengan  memiliki 37,6 ribu subscriber. Berikut link videonya:










Editor: Ilham Gunawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini