Notification

×

Iklan

Iklan

Ini Perbedaan Vaksin Covid-19 Khusus Lansia dan yang Bukan

Selasa, 09 Februari 2021 | 16.46 WIB Last Updated 2021-02-09T09:47:33Z

 

Foto: Ilustrasi

Barakreportase.com, Jakarta - Kabar mengenai efektivitas vaksin Covid-19 masih saja simpang siur di masyarakat. Hal ini lantaran ada informasi bahwa lansia dan orang muda diharuskan untuk menggunakan jenis vaksin yang berbeda.


Namun demikian, akhirnya Kemenkes dan BPOM menyatakan bahwa vaksin Sinovac yang kini sudah ada di Indonesia juga aman digunakan untuk lansia, atau orang lanjut usia.


Memang ada sejumlah ketentuan bahwa lansia tidak disarankan menerima vaksin Covid-19, di antaranya yakni akan kesulitan untuk naik sepuluh anak tangga.


Penurunan aktivitas fisik, atau sering mengalami kelelahan.


Selain itu juga memiliki 4 dari 11 penyakit, yaitu hipertensi, diabetes, kanker selain kanker kulit kecil, penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke, dan penyakit ginjal.


Menyatakan, pemberian vaksin buatan Sinovac yang dimulai kemarin, secara bertahap menyasar 1.600 Nakes. Vaksinasi lansia menjadi prioritas karena tingkat kematian yang tinggi.


Pemberian vaksin covid-19 sinovac dilakukan setelah bpom mengeluarkan izin penggunaan darurat, dari hasil uji penggunaan vaksin terhadap lansia di Tiongkok dan Brasil.

 

BPOM menekankan agar tenaga medis mengawasi ketat proses pemeriksaan kesehatan awal kepada lansia sebelum menerima vaksin.


Pemerintah terus mengejar vaksinasi di saat terus bertambahnya kasus Covid-19 setiap harinya.


Data terakhir mencatat, ada tambahan 8.242 kasus, sehingga total kasus positif menjadi satu juta 166.079.


Jumlah pasien sembuh melonjak, menembus angka 13.38, menjadikan total kasus sembuh 963.28.


Namun, pasien meninggal karena covid bertambah 207 orang, sehingga total kasus meninggal menjadi 31.763.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update