Notification

×

Iklan

Iklan

Tertibkan APK Paslon Pilbup Indramayu, Panwaslu Haurgeulis Imbau Pelaksana Kampanye Untuk Ikuti Aturan

Rabu, 07 Oktober 2020 | 09.57 WIB Last Updated 2020-10-07T03:12:13Z

 

Proses penertiban APK Paslon Pilbup Indramayu di Kecamatan Haurgeulis

Barakreportase.com, Indramayu - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu menertibkan 277 alat peraga kampanye (APK) pasangan calon pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Indramayu tahun 2020, Selasa (6/10/2020).


Tim gabungan yang terdiri atas Panwaslu Kecamatan Haurgeulis, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Haurgeulis, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Muspika Kecamatan Haurgeulis.


Setelah dilakukan penghitungan, Sahri Mulyana selaku Ketua Panwaslu Kecamatan Haurgeulis menyatakan telah menertibkan 11 baliho, 6 spanduk dan 260 banner.


"Penertiban tersebut dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan, PPK Haurgeulis, Muspika Kecamatan Haurgeulis, Pol PP beserta Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) di 10 Desa di Kecamatan Haurgeulis" ujar Sahri.


Panwaslu bersama tim menertibkan APK di jalan protokol Kecamatan Haurgeulis di tiga titik.


Proses penertiban APK Paslon Pilbup Indramayu di Kecamatan Haurgeulis


Titik 1 menertibkan APK di wilayah jalan raya Haurgeulis-Patrol, titik 2 menertibkan di wilayah jalan raya Haurgeulis-Gantar, dan titik 3 menertibkan di wilayah jalan raya Haurgeulis-Cipunegara.


Penurunan APK tersebut dilakukan Panwaslu Kecamatan Haurgeulis dalam rangka penertiban APK setelah sebelumnya telah melayangkan surat imbauan kepada para tim kampanye pasangan calon untuk ditertibkan secara mandiri.


Selain itu, APK yang diturunkan memang APK yang dipasang tidak sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.


Adapun pemetaan lokasi zonasi pemasangan APK sudah tercantum dalam Surat Keputusan KPU Kabupaten Indramayu Nomor 432/PL.02.4-Kpt/3212/KPU-Kab/IX/2020 tentang penetapan lokasi pemasangan alat peraga kampanye pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Indramayu tahun 2020.


Selain di jalan protokol, penertiban APK juga dilaksanakan di titik-titik buta di 10 desa di kecamatan Haurgeulis.


APK yang ditertibkan sebagian besar dipasang di pohon-pohon pada turus jalan, tiang listrik atau tiang telepon, bangunan dan lingkungan tugu batas wilayah, tugu pahlawan, dan identitas kecamatan.


Proses penertiban APK Paslon Pilbup Indramayu di Kecamatan Haurgeulis


Selain menyalahi lokasi pemasangan, APK yang ditertibkan juga dianggap bukanlah APK yang difasilitasi oleh KPU.


Menurut Sahri, APK yang ditertibkan masih menjadi hak peserta pemilu, sehingga pihaknya mempersilakan partai politik, tim kampanye, atau pelaksana kampanye untuk mengambil kembali APK yang telah ditertibkan untuk dipasang kembali.


Meski demikian, pihaknya tetap mengimbau kepada para pemilik APK agar dipasang di lokasi yang telah ditentukan dan harus berdiri sendiri.


"Kami sudah sampaikan pada jajaran, sebisa mungkin dalam penertiban tidak merusak APK. Bagi rekan-rekan dari partai politik silakan mengambil APK di kantor sekretariat Panwaslu Kecamatan Haurgeulis untuk dipasang kembali sesuai dengan ketentuan," pungkas Sahri. (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update