Notification

×

Iklan

Iklan

Gelar Sedekah Bumi di Masa Pandemi, Warga Desa Kroya Adakan Syukuran Nasi Tumpeng

Rabu, 07 Oktober 2020 | 17.08 WIB Last Updated 2020-10-07T10:14:24Z

Gelaran kegiatan adat sedekah bumi di Kroya Indramayu

Barakreportase.com, Indramayu - Warga desa Kroya Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu menggelar tradisi upacara adat sedekah bumi. Acara tersebut bertempat di depan kantor desa yang berisi hasil bumi sebagai tanda syukur atas melimpahnya habis panen dan sebagai bentuk penghormatan warga.


Tradisi sedekah bumi tersebut digelar tiap tahun setiap petani akan melakukan pengolahan tanah pada tiap musim tanam. Meski digelar di masa pandemi dan sedikit berbeda, warga tetap khidmat mengikuti setiap proses yang berlangsung.


Meski tidak digelar dengan meriah seperti adanya panggung gembira di masa pandemi ini, tetapi kegiatan kesenian wayang kulit tetap dilaksanakan atas dukungan dari warga berupa patungan secara swadaya.


Selain pagelaran kesenian, warga desa Kroya juga turut membuat nasi tumpeng yang dibawa oleh ibu-ibu dan remaja putri menuju lokasi upacara adat. 


Nasi tumpeng yang bertempatkan bakul atau masyarakat setempat menyebutnya ceting, baskom dan sebagainya tersebut dilengkapi oleh aneka jenis lauk pauk, urab, buah-buahan, aneka makanan kering dan sebagainya. 


"Ada puluhan nasi tumpeng yang dibawa oleh warga setiap kegiatan sedekah bumi ini. Seluruh hidangan yang telah terkumpul, kemudian dipanjatkan doa terlebih dahulu secara berjamaah sebelum disantap," kata kuwu Rasmana atau yang akrab disapa Emo, Rabu (7/10/2020).


Rasmana menjelaskan, setelah nasi tumpeng tersebut dihidangkan juga dibagikan kepada warga dan tamu undangan, setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan menyaksikan pementasan hiburan kesenian wayang kulit.


"Untuk tahun ini sendiri, pementasan kesenian wayang kulit dari Langen Budaya. Kebetulan dalangnya H. Anom Rusdi dari Kecamatan Lohbener Indramayu," terangnya.


Saat ini, pelaksanaan tradisi ini selain melestarikan budaya lokal, juga dimanfaatkan untuk membekali masyarakat supaya cinta terhadap tanah air.


"Tahun ini kami ingin mengajak masyarakat untuk mencintai tanah air, melalui kegiatan seperti ini," kata Rasmana. (alen)

1 komentar:

×
Berita Terbaru Update