Notification

×

Iklan

Iklan

Lagi, Shyphon Kandanghaur-Wanguk Jebol, GM Wilayah Wilayah 3 Jasa Tirta 2 Pastikan Aman

Rabu, 26 Agustus 2020 | 16.44 WIB Last Updated 2020-08-26T09:44:59Z
Redaksi: Barakrepotase.com.



Barakreportase.com,Indramayu- Tanggul sungai pada lokasi pengerjaan proyek Shyphon Kandanghaur Desa Wanguk Kabupaten Indramayu jebol, Selasa (25/8). Akibatnya, aliran deras air menghantam struktur bangunan proyek. Akibat lain, adanya ancaman pasokan karena suplai untuk irigasi di beberapa kecamatan juga terhenti buntut dari "pengalihan arus tak sengaja" dampak tanggul yang jebol tersebut. 


Safi'i,salah satu mandor menyebutkan, peristiwa jebolnya tanggul terjadi secara tiba-tiba. Hal itu diduga akibat rapuhnya bangunan penahan tanggul. Saat bersamaan, besarnya debit air yang menggelontor mengakibatkan tekanan kuat pada kistdam (tanggul penahan) deretan pancang SSP (steel site pile) dan berujung jebol.ungkapnya.

"Awalnya debit air naik, dan limpas melebihi diatas kistdam. Dan tak lama jebol, " kata Safii, kepada barakreportase.

Ditempat yang sama,jebolnya tanggul juga dibenarkan oleh General Manager (GM) Wilayah 3 Jasa Tirta 2, Febri Setiawan. Saat meninjau langsung lokasi kejadian, ia mengatakan akan segera melakukan upaya perbaikan sehingga proyek pekerjaan pembangunan shyphon tidak terganggu. Langkah cepat itu,  kata dia, juga untuk mengurangi risiko terhentinya pasokan air irigasi untuk lahan pertanian yang menjadi wilayah pemanfaat. 

Febri menjamin, perbaikan akan dilakukan cepat dalam waktu satu hari sehingga pasokan air untuk petani normal kembali. "Ini pekerjaan milik BBWS Citarum dan kami sudah koordinasikan agar dilakukan penanganan cepat," tegas dia. 


Sekadar tahu, pembangunan shyphon Kandanghaur salah satunya merupakan perkejaan untuk mendukung program pengendalian banjir. Selain syphon, proyek yang dianggarkan negara sebesar Rp. 2.5 miliar lebih ini juga membangun bendung atau pintu air pelimpas sehingga akan mampu mengatur arah aliran dan kebutuhan debit air normal.Tuntasnya.(N)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update