Notification

×

Iklan

Iklan

Tak Layak Dihuni, Pemdes Sumbon Bedah 5 Rumah Warganya yang Membutuhkan

Sabtu, 27 Juni 2020 | 00.23 WIB Last Updated 2020-06-26T17:23:53Z
Penulis: Alen Delon | Editor: Ilham Gunawan
Salah satu rumah yang direkonstruksi melalui program rutilahu oleh Pemdes Sumbon, Kroya, Indramayu. (Foto: Red, Alen)

Barakreportase.com, Indramayu
- Pemerintah Desa (Pemdes) Sumbon, Kecamatan Kroya, Kabupaten Indramayu mengalokasikan dana desa untuk membedah sejumlah rumah tidak layak huni melalui program Rutilahu bagi warga pra sejahtera.


Kuwu Desa Sumbon H Tarjo mengatakan, program bedah rumah ini sudah sesuai dengan amanat peruntukan dana desa yang sebagian untuk pemberdayaan dalam menyentuh langsung dengan masyarakat.

Beberapa program pemberdayaan diluncurkan Pemdes Sumbon di bawah Kuwu H Tarjo secara langsung. Program pemberdayaan yang dilaksanakan pada tahun ini adalah bedah rumah bagi masyarakat yang tidak mampu.

"Program bedah rumah ini dilaksanakan kepada 5 rumah milik warga yang tidak mampu dengan kondisi rumah tidak layak huni dan tersebar di setiap dusun atau blok Desa," kata Tarjo kepada Barakreportase.com, Jumat (26/6/2020).

Pelaksanaan program tersebut, lanjut Tarjo, dibangun bersumber dari anggaran dana desa tahun 2020, dengan estimasi sebesar Rp 70 juta.

Tarjo merincikan, bahwa 5 rumah warganya yang mendapatkan bantuan rutilahu, di antaranya yakni, Mudi (50) dari RT 12, Warti (60) dari RT 09, Casmi (60) dari RT 01, Castini (47) dari  RT 03 dan Usi Sanusi (50) dari RT 04/02.

“Program bedah rumah atau rutilahu ini berdasarkan hasil kebijakan dan musyawarah dengan masyarakat Desa Sumbon. Adapun 5 rumah tersebut, dipilih karena memang benar-benar layak untuk dibedah rumahnya," terangnya.

Selain itu, Tarjo berharap agar pembangunan bisa berjalan dengan lancar. Tidak ada kendala, sehingga dapat lekas selesai dan segera bisa ditempati oleh para penerima.

Sementara itu, salah satu pihak yang dibedah rumahnya, Usi Sanusi (50), turut menyampaikan rasa syukurnya sekaligus ucapan terima kasih kepada Pemdes Sumbon yang sedianya telah membantu membedah rumahnya agar menjadi bangunan yang lebih layak dihuni.

"Alhamdulillah, terima kasih atas bantuannya, pak Kuwu. Mudah-mudahan berkah," ucapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update