Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Indramayu Resmikan Pusat Daur Ulang dan Bank Sampah Induk

Jumat, 12 Juni 2020 | 16.06 WIB Last Updated 2020-06-12T09:06:37Z
Reporter: Nanang Asmari | Editor: Ilham Gunawan
Plt. Bupati Indramayu, Taufik Hidayat resmikan fasilitas Daur Ulang dan Bank Sampah Induk. (Foto: Barakreportase.com/Nanang)

Barakreportase.com, Indramayu
- Pemerintah Kabupaten Indramayu bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui video conference di Ruang Indramayu Command Center (ICC) Pendopo Indramayu dan Kantor Kemen LHK Jakarta, Kamis (11/6/2020)

meresmikan penggunaan Pusat Daur Ulang (PDU) dan Bank Sampah Induk (BSI).

Program tersebut dimaksudkan Pemkab sebagai upaya untuk memaksimalkan pengelolaan dan pengurangan sampah di Kabupaten Indramayu.

Persemian dilakukan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya, Rosa Vivien Ratnawati dan Plt. Bupati Indramayu Taufik Hidayat yang juga disaksikan oleh Kepala Bappeda, Kadis LH, Plt. Kadis PUPR, Kadis Diskominfo, Camat Haurgeulis dan Kepala Desa Sumbermulya.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Indramayu, Taufik Hidayat mengatakan, pembangunan PDU dan BSI ini sebagai lanjutan dari penandatanganan kerjasama antara Pemkab Indramayu dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI pada Agustus 2019 lalu.

"Pembangunan PDU dan BSI ini merupakan kebutuhan bagi masyarakat Indramayu sebagai upaya untuk mengurangi timbulan sampah yang ada di Kabupaten Indramayu," kata Taufik Hidayat.

Taufik menjelaskan, timbulan sampah di Kabupaten Indramayu pada akhir tahun 2019 sebesar 1.081 ton per hari sedangkan sampah yang dikelola oleh Pemkab Indramayu melalui penanganan sampah sebesar 704,87 ton per hari (65,36 %) dan pengurangan sampah berbasis masyarakat melalui bank sampah, TPS 3R, dan TPST sebesar 212,43 ton per hari (19,70%). 

Selanjutnya, berdasarkan Perbup Indramayu Nomor 50 tahun 2018 tentang kebijakan dan strategi daerah Kabupaten Indramayu dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga bahwa target pengelolaan sampah Kabupaten Indramayu pada tahun 2020.

"Dengan adanya tambahan PDU dan BSI di Desa Sumbermulya Kecamatan Haurgeulis ini kita harapkan dapat mencapai target tersebut. Selain itu setiap tahun kita akan terus tambah jumlahnya," tegas Taufik.

Sementara itu, Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya, Rosa Vivien Ratnawati mengatakan, pembangunan PDU yang berkapasitas 10 ton per hari dan BSI yang berkapasitas 1 ton per hari di Kabupaten Indramayu tersebut karena daerah itu sangat berkomitmen untuk terus melakukan penanganan dan pengelolaan sampah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update