Notification

×

Iklan

Iklan

Warga Sibuk Banjiri Pusat Perbelanjaan saat Pandemi, Apa Kabar PSBB?

Rabu, 20 Mei 2020 | 13.33 WIB Last Updated 2020-05-20T06:35:52Z
Redaksi | 
Editor:
Ilham Gunawan
Warga antre saat hendak memasuki salah satu pusat perbelanjaan di Majalengka, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

Barakreportase.com, Majalengka - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, pusat-pusat perbelanjaan di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, diserbu warga guna membeli kebutuhan pokok serta baju. Hal tersebut seperti terpantau pada Rabu (20/5/2020).

Meski pemerintah daerah setempat sudah mengimbau agar tidak berkerumun dan membatasi kegiatan di luar rumah guna menekan kasus COVID-19, namun kepadatan di pasar dan pusat perbelanjaan menunjukkan kesadaran warga masih sangat rendah.

Kondisi ini terjadi karena antara kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan implementasinya di lapangan tak berbanding lurus juga kurangnya ketegasan. Sebab, kendati menganjurkan masyarakat agar tidak banyak melakukan aktivitas di luar, tetapi Pemda tidak menutup pusat-pusat perbelanjaan dan hanya melakukan pembatasan jam operasional.

Pantauan di lapangan, hingga hari ini terjadi kepadatan pengunjung di beberapa pusat perbelanjaan di Majalengka seperti toko pakaian dan toko ritel modern.

Tampak dari banyaknya kendaraan yang terparkir hingga ke bahu jalan, menunjukkan tingginya antusiasme warga Majalengka untuk berbelanja kebutuhan jelang Lebaran.

Parahnya lagi, masih banyak warga yang mengabaikan anjuran pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, seperti tidak menggunakan masker dan physical distancing.

Aprian (25), warga asal Kecamatan Bantarujeg, Kabupaten Majalengka, mengaku sengaja mengunjungi pusat perbelanjaan untuk membeli baju yang menjadi tradisi setiap menyambut Lebaran.

"Ya buat Lebaran, biasanya setiap tahun juga saya ke sini belanja. Tapi tahun ini berasa berbeda ya, tapi tetap saya ikuti anjuran pemerintah," kata Aprian usai berbelanja di salah satu toko pakaian di Kecamatan Cigasong seperti dikutip Ciremaytoday, Rabu (20/5/2020).

Meski begitu, baik Polisi maupun Satpol PP tidak bisa berbuat banyak. Walaupun melakukan penjagaan dan pengawasan, namun aparat gabungan seolah tak kuasa membubarkan kerumunan dan hanya mengimbau agar mengatur jarak dan menggunakan masker.

"Kita hanya bisa mengimbau untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19, dan pengaturan jumlah pengunjung," ujar Kabag Ops Polres Majalengka ME Pardede.
×
Berita Terbaru Update