Notification

×

Iklan

Iklan

Tanpa Ikut Sertakan Jemaah Wanita, Masjid di Bungur-Bekasi Tetap Gelar Salat Id Setelah Ditetapkan Zona Hijau

Senin, 25 Mei 2020 | 09.35 WIB Last Updated 2020-05-27T17:13:22Z
Reporter:
Nanang Asmari | 
Editor:
Ilham Gunawan
Jemaah dan pengurus Masjid Al Hidayah, Bungur, Kota Bekasi usai melaksanakan salat id. (Foto: barakreportasecom/ Nanang)

Barakreportase.com, Bekasi - Setelah ditetapkan sebagai wilayah zona hijau, melalui surat edaran Pemerintah Kota Bekasi Nomor 403/3376/Setda Kesos pada tanggal 23 Mei 2020 tentang perubahan status wilayah dan diizinkannya 800 masjid di 41 kelurahan dari 56 kelurahan yang ada di Kota Bekasi, untuk tetap menggelar salat id namun dengan beberapa ketentuan. Seperti halnya di Masjid Al Hidayah Kaliabang, Bungur, Kota Bekasi.

Dalam upaya pencegahan COVID-19 sekaligus mengikuti ketentuan pemerintah daerah, pihak pengurus Masjid Al-Hidayah Kaliabang, Bungur, Kota Bekasi saat menggelar salat Idul Fitri dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan waspada COVID-19, seperti jaga jarak, gunakan masker, tidak menggelar karpet, menyediakan fasilitas cuci tangan, termasuk tidak mengizinkan jemaah dari luar daerah, apalagi dari wilayah zona merah. 

Selain itu, bahkan pihak pengurus Masjid tidak mengikut sertakan jemaah perempuan, tujuannya untuk menghindari terjadinya penumpukan dan kerumunan massa yang berlebihan.

"Sesuai ketentuan, kami tidak mengizinkan jemaah dari wilayah lain untuk ikut. Apalagi dari zona merah. Selain itu kami juga tidak melibatkan jemaah perempuan guna mengurangi kapasitas dan kerumunan," kata Arif Rahman Hakim, selaku pengurus DKM Al Hidayah Kaliabang saat dimintai keterangan, Minggu (24/5/2020).

Menurutnya, pihaknya juga telah mengimbau para jemaah agar taat dan tertib dalam mengikuti arahan pemerintah terkait pelaksanaan protap kesehatan, termasuk tidak memaksakan diri bagi warga yang kurang sehat untuk ikut melaksanakan salat id di Masjid.

"Kami sudah mewanti-wanti kepada jemaah agar tidak memaksakan diri, bagi warga yang merasa kondisinya kurang sehat untuk ikut salat di Masjid," terangnya.

Arif juga mengungkapkan, bahwa pihaknya telah mensosialisasikan hal tersebut melalui sarana virtual berupa video kepada jemaah Masjid Al Hidayah, khususnya di dua kelurahan, yakni Kelurahan Harapan Jaya dan kelurahan Pejuang.
×
Berita Terbaru Update