Notification

×

Iklan

Iklan

Penuhi Kebutuhan Pengairan, Pemdes Arjasari Bangun Jaringan Irigasi

Kamis, 07 Mei 2020 | 00.31 WIB Last Updated 2020-05-06T17:31:09Z
Reporter:
Mansur Kurdi
 | 
Editor:
Ilham Gunawan
Salah satu lokasi pembangunan Program Irigasi Desa (Irdes) di Desa Arjasari, Patrol, Indramayu.

Barakreportase.com, Indramayu - Berpacu dalam membangun segala bidang. Tampaknya, itu yang tengah dikerjakan oleh Pemerintah Desa Arjasari, Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu dalam merealisasikan berbagai program pembangunan di desa tersebut.

Kali ini, Pemdes Arjasari, sedang merealisasikan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) dengan volume panjang 500 meter dan tinggi tujuh Centimeter.

Program Irigasi Desa (Irdes) tersebut diketahui dari Kantor BBWS Citarum, Kementerian PU itu yang saat ini tengah direalisasikan.

Dengan jangka pembangunan selama 60 hari masa pengerjaan, realiasi pengerjaan TPT itu sudah terbangun sekitar 40 persen. Adapun pembangunan berlokasi di Dusun Asinan, Blok Gerogol, Desa Arjasari, Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu.

Kuwu Desa Arjasari, Jamaludin,  mengatakan secara geografis Desa Arjasari merupakan wilayah tersier, bukan sekunder. Menurutnya, tanpa adanya upaya pembangunan TPT, tanggul saluran air area persawahan akan habis tergerus, sehingga akan menimbulkan banyak permasalahan terhadap petani.

"Dengan dibangunnya TPT di Dusun Asinan, Blok Gerogol, semoga saja bisa mengcover masalah kekurangan air terhadap area persawahan dengan luas 210 Hektare di lokasi tersebut," ujar Jamaludin saat ditemui Barakreportase.com, di ruang kerjanya, Rabu (6/5/2020).

Wilayah Desa Arjasari, lanjut Jamal, khususnya di area persawahan, mayoritas wilayah tersier dan bukan sekunder. Oleh karena itu, pihaknya kini tengah berupaya untuk mengantisipasi kekurangan air di lokasi tersebut.

Jamal berharap, pasca dibangunnya TPT program dari bantuan aspirasi tersebut, warga khususnya petani bisa menjaga dan merawatnya.
×
Berita Terbaru Update