Notification

×

Iklan

Iklan

Pelatih Persib: Jika Kompetisi Liga 1 Berhenti, Minimal Harus Ada Turnamen Pengganti

Jumat, 29 Mei 2020 | 19.23 WIB Last Updated 2020-05-29T12:25:35Z
Redaksi | Editor:
Ilham Gunawan
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Albert. (Foto: Indosport)

Barakreportase.com
- Dari keseluruhan peserta Shopee Liga 1 2020, hanya ada enam klub yang mengusulkan kompetisi tetap dilanjutkan, 11 lainnya memilih kompetisi kasta tertinggi Liga Indonesia tersebut berhenti. Sementara satu sisanya, Persipura Jayapura, lebih memilih abstain.


Menanggapi dipilihnya Shopee Liga 1 2020 untuk berhenti oleh beberapa klub, para klub tersebut turut mengusulkan adanya turnamen pengganti atau kompetisi format baru. Fungsi adanya turnamen, dinilai bukan hanya untuk kepentingan klub saja, tetapi juga demi timnas Indonesia.

Tanpa adanya kompetisi, timnas Indonesia di bawah komando pelatih Shin Tae-yong, akan kesulitan dalam menyaring pemain. Selain terjadinya kesulitan mencari anggota skuad, tetapi juga mengajari dari nol fisik pemain. Hal tersebut tentu bakal memakan banyak waktu.

Sementara jika ada turnamen pengganti atau Liga 1 berlanjut, Shin Tae-yong lebih mudah mencari sosok yang pas berseragam Garuda di dada. Selain itu, fisik pemain tetap harus terjaga, mengingat perlunya memiliki jam terbang berkat adanya kompetisi.

Hal tersebut menjadi alasan pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, dan General Manajer Arema FC, Ruddy Widodo, akan pentingnya Liga 1 berlanjut atau minimal harus ada turnamen pengganti.

"Jika liganya berhenti, kita pelatih, pemain dan manajemen, kita berharap untuk mengulang liganya di waktu dekan mungkin di bulan Agustus," kata Robert dikutip akun YouTube pribadinya.

"Kenapa? Karena banyak ekspektasi dari itu tidak hanya tentang liga, kita juga harus pikirkan tentang timnas kita," terangnya.

Apalagi, lanjut dia, kaulifikasi Piala Dunia Qatar 2022 akan berlangsung bulan Oktober nanti.

"Jadi, kita mulai bulan Agustus setidaknya pemain kita akan siap kembali."

"Dan saya dengan juga pelatih tim bisa pilih pemain terbaik untuk timnas nanti," ujarnya di akun YouTube Robert Rene Alberts.

Hal senada juga turut diungkapkan Ruddy Widodo. Ruddy berharap, dirnya tak ingin Shin Tae-yong kesulitan dalam mengolah timnas Indonesia.

"Kebetulan juga tahun 2021 Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20," kata Ruddy seperti dilansir Kompas.com, Jum'at (29/5/2020).

"Program pemerintah sudah jelas bahwa Indonesia tidak hanya harus sukses menjadi tuan rumah yang baik, tapi juga secara prestasi."

"Kalau tahun ini tidak ada kompetisi, terus anak-anak U20 itu mau bermain di mana untuk persiapan 2021."

"Sedangkan, sudah menjadi rahasia umum kompetisi itu kawah candradimuka pemain untuk itu," tandas dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update