Notification

×

Iklan

Iklan

Mbah Minto, Nenek 'Nyentrik' yang Viral Berkat Video Lucunya di Medsos

Senin, 04 Mei 2020 | 04.25 WIB Last Updated 2020-05-03T23:13:25Z
Redaksi | 
Editor:
Ilham Gunawan
Mbah Minto. (Foto: Tangkapan layar di akun Youtube Ucup Klaten)

Barakreportase.com, Klaten - Belakangan ini sosok Mbah Minto (70) jadi terkenal gara-gara video dagelan gagal mudik di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19. Pasalnya, si mbah asal Klaten ini sukses mengundang tawa dengan celotehannya melarang anaknya mudik saat pandemi.

Video tersebut ramai hadir di akun-akun dagelan berbahasa Jawa. Parodi itu dibuat Mbah Minto berkolaborasi dengan Muhammad Sofyan (30) di akun YouTube Ucup Klaten dan Instagram ucup_jbs Klaten.
Parodi dagelan itu bahkan sudah ditonton oleh 1,1 juta netizen. Lewat video tersebut, Mbah Minto meminta agar anaknya yang diperankan oleh Ucup agar tidak mudik karena dikhawatirkan akan membawa virus Corona ke kampung halamannya.
"Koe mulih malah nggowo virus, ra mesakake simbokmu iki? Rasah mulih le sik penting duite mulih," kata mbah Minto dalam salah satu cuplikan parodinya, seperti ditonton barakreportase.com, Minggu (3/5/2020).
Jika diterjemahkan seperti ini, "Kamu pulang malah membawa virus, tidak kasihan sama ibumu ini? Nggak usah pulang yang penting uangnya pulang," kata si mbah Minto. Percakapan ini digambarkan lewat video call dengan anaknya yang di perantauan.
Dalam adegan dalam video tersebut, Mbah Minto tampil nyentrik dan terlihat fasih menggunakan ponsel pintarnya.
Mbah Minto mengaku hanya diajak tetangganya tersebut (Ucup) untuk tampil di video yang dibuatnya. Si mbah menyebutkan bahwa sudah banyak video yang dirinya buat bersama Ucup. Mbah Minto juga mengaku, dalam penggarapan video tersebut dia sepenuhnya diarahkan oleh Ucup saat berdialog di video tersebut.
"Nggih le ngajak Ucup (Yang mengajak Ucup). Sampun katah videone niki (sudah banyak videonya)," tutur Mbah Minto.
Sementara itu, kreator video parodi tersebut, Muhammad Sofyan (30) atau Ucup, mengaku sudah beberapa kali berkolaborasi dengan Mbah Minto. Namun, yang paling terkenal, yakni gagal mudik karena mengangkat tema tentang pandemi Corona.
"Sebelumnya video Mbah Minto yang viral sudah banyak. Cuma yang tidak se-booming ini (gagal mudik) karena ini soal Corona," ujar Sofyan seperti dikutip detikcom.
Gara-gara video parodinya terkenal, Mbah Minto juga sempat diajak berbincang dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, setelah orang nomor satu di Jawa Tengah tersebut merepost beberapa kali video Mbah Minto dan Ucup di akun Instagram pribadi miliknya.
"Wingi dalu malah kalih pak Gubernur (tadi malam malah bincang dengan gubernur), " ujar Mbah Minto.

×
Berita Terbaru Update