Notification

×

Iklan

Iklan

Kandang Ayam Ludes Dilalap Api, Kerugian Ditaksir Capai Rp 1,2 Miliar

Sabtu, 16 Mei 2020 | 16.00 WIB Last Updated 2020-05-16T10:24:22Z
Reporter:
Khaerudin
 | 
Editor:
Ilham Gunawan
Puing kandang ayam di Kecamatan Sukra, Indramayu yang habis terbakar. (Foto: barakreportasecom/ Khaerudin)

Barakreportase.com, Indramayu
- Si jago merah kembali berulah. Kali ini, dalam hitungan menit, kandang ayam broiler berukuran 9x150 meter di blok Bonggol Kelapa, Desa Sumuradem, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu ludes disantap api, Sabtu (16/5/2020) pagi.

Menurut keterangan saksi, Muji, pemilik warung yang tidak jauh dari lokasi kejadian mengatakan, dirinya melihat api sedang bekerja dari lokasi kandang ayam tersebut. Mengetahui hal tersebut, ia lantas langsung memberitahukan karyawan kandang ayam yang sedang beristirahat pada saat itu.

"Kami melihat api di ujung barat kandang sudah membesar, pak. Api menjalar sangat cepat. Ditambah, bahan material kandang terbuat dari kayu. Dalam hitungan menit saja seluruh bagian kandang ludes terbakar," kata Muji kepada barakreportasecom di lokasi kejadian.

Salah satu pemilik kandang, Kholil Soleh (50), menuturkan bahwa kandang ayam tersebut sudah berdiri sejak tahun 2016 lalu dan masih aktif beroperasi. Rencananya malam ini, akan diisi doc (bibit ayam broiler). Namun nahas, pagi tadi kandang ayam sudah rata karena api dan hanya menyisakan puing-puing saja.

"Kurang lebih 9,5 ton stok pakan ayam sudah siap, tinggal tunggu bibit datang saja. Juga kondisi kandang sudah dihampar dengan sekam karena siap produksi kembali," ucap Kholil saat diwawancarai.

Kholil mengungkapkan, kerugian ditaksir mencapai 1,2 miliar. Selain itu di luar material bangunan, di dalam kandang terdapat dua unit genset, satu alat steam, perangkat elektronik dan instrumen kandang lainnya, ditambah lagi 9,5 ton pakan.

"Sekitar 1,2 miliar kerugian yang kami taksir, pak. Itu belum menghitung 9,5 ton pakan, sedangkan untuk sepeda motor berhasil diselamatkan oleh pekerja," terangnya.

Sementara itu, salah seorang karyawan kandang ayam, Hamdan, mengatakan kejadian terjadi saat dirinya tengah beristirahat usai membongkar pakan ayam yang disimpan di salah satu bagian kandang.

"Kami menduga sumber api dari konsleting listrik. Hanya saja, material kandang yang sudah dihampar dengan sekam dan dedak kering, ditambah seluruh bagian kandang ditutup plastik alumuniun mengakibatkan mudah terbakar oleh api yang menjalar dengan cepat ke seluruh bagian kandang," paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Indramayu, AKBP Suhermanto, melalui Kapolsek Patrol, AKP Rukman, membenarkan kejadian tersebut, bahwa telah terjadi kebakaran kandang ayam broiler milik Kholil.

Mendapati informasi, pihaknya segera mendatangi TKP. Pihaknya mendata, kerugian ditaksir mencapai 1,2 Miliar.

"Pihak kami (Polsek Patrol, red) akan melakukan penyelidikan tentang penyebab kejadian kebakaran tersebut," pungkasnya.
×
Berita Terbaru Update