Notification

×

Iklan

Iklan

Hari Raya Idul Fitri, Ibu Asal Subang Melahirkan di Jalan Setelah Ditolak 2 Bidan dan Puskesmas

Minggu, 24 Mei 2020 | 23.38 WIB Last Updated 2020-05-25T00:23:23Z
Reporter:
Nurlaela Hanifah
 | 
Editor:
Ilham Gunawan
Aulia, seorang ibu asal Subang yang melahirkan di jalan bersama bidan Dede Setianingsih. (Foto: Istimewa)

Barakreportase.com, Subang
- Setelah mendapatkan penolakan dari dua Bidan dan Puskesmas, seorang ibu hamil warga asal Sukasari, Subang, Aulia Khoirunnisa akhirnya terlanjur melahirkan di jalan.


Beruntung, di saat umat muslim tengah menunaikan salat Idul Fitri, persalinan Aulia berjalan dengan lancar. Kondisi keduanya, baik ibu atau pun bayinya terselamatkan, setelah mendapat pertolongan dari seorang bidan.

Diketahui, bidan tersebut bernama Dede Setianingsih. Sebelumnya, pihak keluarga dari Aulia sempat meminta pertolongan di kediamannya (rumah bidan Dede) tersebut yang berada di Desa Cijati, Kecamatan Cipunagara, Subang.

Tidak butuh waktu lama, bidan yang juga istri Camat Cijambe itu akhirnya segera datang untuk melakukan tindakan.

Dede menuturkan, bahwa Aulia sebelumnya sempat mendatangi dua bidan dan puskesmas yang kebetulan berada di tempat dan Kecamatan yang berbeda. Namun semuanya menolak dengan alasannya masing-masing.

"Dia (Aulia, red) sudah mulas saat malamnya. Pas subuh berangkat ke bidan, tetapi ditolak karena (bidan, red) sedang sakit. Lalu pindah ke bidan lain, juga sama ditolak. Alasannya, karena tidak kontrol di tempatnya, jadi tidak tahu riwayatnya. Kemudian sempat juga ke Puskesmas, tetapi diminta jam 09.00 WIB untuk datang lagi, padahal kondisinya sudah darurat," jelas Dede, dikutip tintahijaucom, pada Minggu (24/5/2020).

Tak patah arang, suami Aulia, Taryim, mengetahui kondisi istrinya yang sudah merintih hendak melahirkan, akhirnya berinisiatif untuk segera membawa istrinya yang dibonceng dengan sepeda motornya, menuju ke rumahnya di Kecamatan Cipunagara, Subang.

"Nah, pas di jalan mau masuk ke rumahnya, si ibu hamil tersebut melahirkan. Bayinya sudah keluar, tetapi ari-arinya belum," imbuh Dede.

Mendapati hal tersebut, pihak keluarga bergegas mendatangi rumah Dede untuk dilakukan penanganan. Beruntung, anak ketiga Aulia tersebut lahir dengan kondisi sehat dan normal.

"Kalau saja telat sedikit, ari-ari bisa masuk lagi. Alhamdulillah tertolong dan anaknya sehat," jelasnya.

Setelah mendapatkan kabar baik tersebut, ekspresi kebahagiaan muncul dan menyelimuti keluarga dan pasangan ini, seperti disampaikan oleh Aulia di akun media sosialnya. Aulia menyampaikan ungkapan rasa terima kasihnya kepada Dede Setianingsih yang sudah membantunya.

"Terima kasih sebesar-besarnya untuk ibu Camat Cijambe, Ibu Dede Setianingsih, yang sudah membantu saya lahiran," tulis Aulia dalam bahasa Sunda.
×
Berita Terbaru Update