Notification

×

Iklan

Iklan

Dikawal Ketat Petugas Keamanan, Kasbi Indramayu Tetap Gelar Peringatan May Day di Tengah Pandemi

Jumat, 01 Mei 2020 | 20.40 WIB Last Updated 2020-05-01T14:03:02Z
Reporter:
Nanang Asmari | 
Editor:
Ilham Gunawan
Sejumlah spanduk terbentang berisikan aspirasi Kasbi Indramayu dalam momentum peringatan May Day di beberapa titik di Indramayu. (Foto: Tribuncirebon.com)

Barakreportase.com, Indramayu - Meski tengah dirundung pandemi Covid-19, kelompok buruh migas yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Indramayu tetap gelar aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day.
Koordinator aksi, Hadi Haris Kiandy mengatakan, aksi peringatan May Day tahun 2020 ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Para buruh dalam menggelar aksi demonstrasinya tersebut, hanya menyalurkan aspirasinya melalui spanduk yang dipasang di sejumlah titik.
"Kegiatan May Day kita hanya pasang spanduk, rencananya kita juga mau sosialisasi protokol kesehatan tapi batal karena dilarang aparat," Kata Hadi seperti dilansir Tribuncirebon.com, Jumat (1/5/2020).
Hadi menuturkan, sedikitnya ada 5 titik yang menjadi lokasi pemasangan spanduk, yakni di antaranya di Pertamina Terminal BBM (TBBM) Balongan, Pertamina RU VI Balongan, Puskesmas Balongan, Gedung DPRD Kabupaten Indramayu, dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Indramayu bertuliskan "Batalkan Omnibus Law dan Fokus Tangani Covid-19".
"Poin-poin yang tercantum dalam RUU Omnibus Law Cipta Kerja, sangat merugikan kaum buruh. Selain itu, Pemerintah juga kurang fokus menangani Covid-19, dampaknya seperti PHK untuk kaum buruh," ujarnya.

Hadi juga menjelaskan, bahwa dalam menggelar aksi tersebut, pihaknya telah menerapkan protokol kesehatan waspada Covid-19 sebagaimana imbauan pemerintah. Seperti membatasi peserta aksi, menjaga jarak antar peserta aksi, juga termasuk mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker dan lain sebagainya.
Sementara itu, Waka Polres Indramayu, Kompol Nanang Suhendar, mengatakan pihaknya telah melakukan penjagaan secara ketat dalam gelaran aksi May Day kali ini, apalagi dalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19.
“Untuk menjaga situasi keamanan selama peringatan hari Buruh Internasional, sedikitnya telah dikerahkan sebanyak 220 personel, antara lain dari anggota Polres Indramayu, Anggota Kodim 0616 Indramayu dan Dishub Kabupaten Indramayu,” ujarnya melalui Paur Subbag Humas Polres Indramayu IPDA Sukenda.
Selain itu, pihaknya juga mengungkapkan bahwa pelaksanaan demonstrasi tersebut berjalan kondusif.
“Selama kegiatan berlangsung situasi aman, tertib dan terkendali. Kami juga tempatkan para personel di Pos Pam selama kegiatan May Day ini,” pungkasnya.
×
Berita Terbaru Update