Notification

×

Iklan

Iklan

Trump Sarankan Disinfektan Suntikan ke Tubuh, Ahli: Itu Berbahaya!

Sabtu, 25 April 2020 | 17.04 WIB Last Updated 2020-05-20T22:16:20Z
Editor:
Ilham Gunawan 
Redaksi
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. (Foto: Istimewa)

Barakreportase.comPresiden Amerika Serikat, Donald Trump, berikan saran injeksi disinfektan ke pasien virus Corona sebagai langkah untuk mengobati Covid-19. Trump menyampaikan pernyataan ini setelah Pejabat Departemen Keamanan Dalam Negeri, Bill Bryan dan ketua Departemen Sains dan Teknologi, menjelaskan presentasi tentang penelitian timnya yang menunjukkan bahwa virus tidak hidup selama berada dalam suhu lebih hangat dan lebih lembab.

"Saya melihat disinfektan bisa merobohkan (virus Corona) dalam satu menit. Ada cara kita bisa melakukan hal yang sama seperti itu dengan menyuntikkannya (disinfektan) ke dalam tubuh untuk membersihkannya," sebut Trump dikutip dari NBC News.

Seorang pejabat kesehatan senior kemudian mengatakan, laboratorium federal tidak mempertimbangkan atau mencoba untuk mengembangkan opsi perawatan semacam itu.

Termasuk seorang profesor kebijakan publik di University of California di Berkeley, Robert Reich, mengatakan bahwa saran yang disebutkan oleh Trump sangat berbahaya.

"Briefing Trump secara aktif membahayakan kesehatan masyarakat. Boikot propaganda. Dengarkan para ahli. Dan tolong jangan minum desinfektan," kata Reich.

Presiden Amerika tersebut telah berulang kali berbicara terkait perawatan yang tidak terbukti selama briefing untuk virus Corona.

Beberapa waktu lalu, Trump juga sempat menyatakan hydroxychloroquine sebagai 'game changer' yang potensial dalam pertempuran melawan virus Corona, namun mendapat penentangan oleh para tenaga medis.

Terlebih saat pria di Arizona meninggal pada Maret lalu, setelah mengonsumsi klorokuin. Pria tersebut percaya akan melindunginya dari terinfeksi Covid-19. Menurut penuturan Istri pria tersebut, mengatakan bahwa dia telah menonton briefing yang disiarkan televisi di mana Trump berbicara tentang manfaat potensial klorokuin.
×
Berita Terbaru Update