Notification

×

Iklan

Iklan

Tradisi Nyekar Jelang Ramadan, Kober Kembang Selalu Ramai oleh Peziarah

Minggu, 19 April 2020 | 22.50 WIB Last Updated 2020-04-19T15:50:36Z
Editor:
Ilham Gunawan
 
Reporter: Feri Sobari
Para peziarah sedang membersihkan area makam di Kober Kembang.


Barakreportase.com, Bekasi - Setiap menjelang bulan suci Ramadan, tempat pemakaman umum (TPU) yang terkenal dengan Kober Kembang, Kaliabang Bungur, Kelurahan Pejuang, Kota Bekasi, selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah. Mereka datang dari berbagai penjuru tempat, sebagai rangka menjaga tradisi nyekar masyarakat setempat.

Pantauan Barakreportase.com di lokasi, para peziarah sudah berdatangan sejak siang hari. Mereka tampak khusuk berdoa di area makam setelah sebelumnya membersihkan rerumputan yang mulai tinggi di sekitar batu nisan.

“Ini sudah tradisi turun temurun, memang setiap tahun Kober Kembang selalu ramai," kata Fawaz, salah satu warga Kaliabang Bahagia yang sedang membersikan makam, Ahad (19/4/2020).

Menurutnya, ziarah makam jelang bulan Ramadan merupakan upaya dalam mendoakan keluarga yang telah wafat dan sekaligus merawat pusara.

"Lebih dari hari normal, keluarga besar saya sibuk bekerja, jadi biasa saja mau masuk bulan puasa kami sempatkan untuk menziarahi makam dan ke rumah sanak keluarga lainnya," ujarnya.

Lanjut Fawaz, dirinya berharap tradisi ziarah dalam mendoakan almarhum dan membersikan sekitar makam perlu dilestarikan.

"Adat turun temurun warga Kaliabang ini tradisi yang tidak bisa ditawar, jelang puasa tiba, Kober Kembang pasti ramai oleh para peziarah," pungkasnya.
×
Berita Terbaru Update