Notification

×

Iklan

Iklan

TGC Kecamatan Patrol Periksa Warga yang Datang dari Luar Wilayah

Kamis, 02 April 2020 | 15.01 WIB Last Updated 2020-04-02T08:07:04Z
Tim Gerak Cepat (TGC) Kecamatan Patrol yang sudah dibekali APD tengah bersiap memeriksa warga ODP yang pulang dari wilayah lain.


BARAKreportase.com, Indramayu - Sebagai upaya antisipasi menekan terjadinya penyebaran pandemi Corona, Tim Gerak Cepat (TGC) Kecamatan Patrol lakukan kegiatan monitoring dan pengecekan langsung kepada kondisi warga desa Patrol Lor, Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu yang kembali dari luar wilayah (baik luar negeri atau luar daerah), pada Rabu (1/4/2020). 

Camat Patrol Teguh Budiarso,  mengatakan bahwa TGC sebagai salah satu garda terdepan dalam penanganan pencegahan penyebaran virus Corona, khususnya bagi warga yang baru kembali dari luar wilayah, mengingat situasi dan kondisi nasional saat ini telah ditetapkan darurat sipil Covid-19.

"Tim Gerak Cepat (TGC) dimaksudkan sebagai kepanjangan tangan pemerintah sebagai upaya cepat dalam memproteksi penyebaran virus Corona, khususnya di wilayah Kecamatan Patrol," kata Teguh Budiarso kepada barakreportase.com via pesan daring, Kamis (2/4/2020).

Tambahnya, permasalahan pandemi virus Corona atau Covid-19 ini, telah menjadi perhatian serius Pemerintah melalui upaya memproteksi diri sedini mungkin, terhadap peluang penularan virus pada warga secara luas, khususnya di wilayah Kecamatan Patrol. 

"Berdasarkan laporan yang diterima Bhabinkamtibmas kepada kami, bahwa ada dua orang dalam pengawasan (ODP) yang pulang dari luar wilayah (luar negeri dan daerah lain) dan telah melalui proses self monitoring, selanjutnya kami langsung terjunkan TGC ke TKP guna kegiatan pemeriksaan kesehatan langsung. Ini merupakan bagian dari SOP TGC Puskesmas Patrol pada upaya pencegahan penularan covid-19," terangnya.



Teguh menjelaskan, bahwa dua orang dalam pengawasan (ODP) tersebut telah dilakukan pemeriksaan kesehatannya oleh TGC, di mana dari hasil yang diperoleh, tidak ditemukannya gejala atau tanda-tanda yang mengarah pada telah terjangkitnya pandemi virus Corona atau Covid-19.

"Hal ini dimaksudkan dalam rangka upaya deteksi dini Covid-19 dan pengecekan secara langsung," tegasnya.

Dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar bisa mematuhi ketentuan pemerintah, guna memproteksi penyebaran virus Corona (Covid-19) dan berharap semoga permasalahan ini lekas tuntas.

"Untuk itu, kami mohon kerjasamanya dari semua stake holder yang ada. Bukan hanya kami atau masyarakat saja, tetapi kita semua," pungkasnya.





Reporter: Nanang 
Editor: Ilham Gunawan
×
Berita Terbaru Update