Notification

×

Iklan

Iklan

Tarif Listrik 450 VA Akan Digratiskan 3 Bulan, Pelanggan Prabayar Apa Kabar?

Kamis, 02 April 2020 | 13.12 WIB Last Updated 2020-04-02T13:31:37Z
Ilustrasi pelanggan listrik prabayar


BARAKreportase.com - Terkait kebijakan tentang pembebaskan biaya listrik pelanggan bagi golongan 450 volt ampere (VA) selama tiga bulan ke depan, yakni April, Mei dan Juni, PT PLN (Persero) siap ikuti instruksi Presiden Joko Widodo.

Kebijakan tersebut dipastikan berlaku untuk pelanggan prabayar maupun pascabayar.

Lebih lanjut, mengenai skema pembebasan listrik bagi pengguna prabayar atau yang menggunakan meteran listrik token, Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN I Made Suprateka, mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih tengah membahas hal tersebut.

"Untuk yang pelanggan prabayar 450 VA, sedang kita siapkan berbagai solusi dengan berbagai mekanisme," ucap Made, Rabu (1/4/2020).

Untuk skema pembebasan tarif listrik prabayar sendiri, PLN membuka opsi dengan menghitung rata-rata konsumsi listrik per bulan.

Berdasarkan catatan PLN, besaran penggunaan listrik pelanggan 450 volt ampere (VA) rata-rata mencapai 70 kWh per bulan.

Dengan demikian, bagi pelanggan token yang konsumsi listriknya 70 kWh per bulan, pembebasan pembelian tersebut akan berlaku.

Sementara itu, untuk pelanggan pascabayar, mengenai skema pembebasan akan diberlakukan dengan lebih mudah.

Yaitu, tidak akan dikenakannya tagihan selama 3 bulan mendatang bagi pelanggan dengan konsumsi listriknya sudah sesuai dengan ketentuan PLN.

"Bagi Pelanggan 450 VA yang digratiskan selama bulan April, Mei, dan Juni, tentu akan lebih simple penanganannya, yang penting mereka tidak ditagih pada penggunaan bulan tersebut," ujar Made.

PLN juga mencatat ada sekitar 24 juta pelanggan yang menggunakan listrik golongan 450 volt ampere (VA). (red)





Editor: Ilham Gunawan
×
Berita Terbaru Update