Notification

×

Iklan

Iklan

Seorang Perawat Pasien Covid-19 Rela Mandi Berkali-kali Demi Bisa Temui Anaknya

Sabtu, 18 April 2020 | 23.55 WIB Last Updated 2020-04-18T16:55:12Z
Editor:
Ilham Gunawan
 | Redaksi
Sandra beserta tim tenaga medis lain saat selesai diwawancarai.


Barakreportase.com, Madiun - Untuk memastikan dirinya bersih dari kuman dan virus, seorang tenaga medis perempuan asal Madiun, rela mandi berulang kali agar berani pulang ke rumah setelah merawat pasien Covid-19.

Sebagai garda terdepan dalam menangani wabah Corona, para tenaga kesehatan rela lebih banyak menghabiskan waktunya untuk merawat pasien daripada menyisihkan waktu untuk keluarganya.

Kendati demikian, Sandra, salah seorang tenaga medis dari RSUD dr Soedono Madiun, tetap memilih untuk pulang tiap hari, meski harus sering mandi sebelum pulang ke rumah.

"Alhamdulillah setiap hari masih bisa pulang (usai kerja di RSUD dr Soedono). Tapi ya setelah dari ruang pasien harus mandi berkali-kali," ujar Sandra perawat RSUD dr Soedono Madiun, seperti dilansir detikcom, Sabtu (18/4/2020).

Sandra mengungkapkan, sejak merawat pasien positif virus Corona, ia mengaku dalam sehari bisa mandi tiga sampai empat kali. Hal tersebut dilakukannya untuk memastikan dirinya bersih dan tidak membawa kuman ke rumah.

"Hanya untuk memastikan kami bersih dan tidak bawa pulang kuman (saat bertemu keluarga). Sebenarnya kami di berikan fasilitas kos dari pihak RS tapi kalo ibu-ibu seperti saya tetap gak tega ninggal anak di rumah," terangnya.

Sandra mengungkapkan, seusai bertemu dengan pasien dan sebelum ia makan di rumah sakit, dirinya selalu mengupayakan untuk mandi terlebih dahulu. Sehingga setiap hari Sandra selalu membawa perlengkapan mandi dan meninggalkan pakaiannya di RSUD untuk dilaundry.

"Semua pakaian yang kami pakai selama di ruangan ditinggal d RSUD Soedono dan dilaundry di RS. Jadi, ya saya dan teman-teman memilih tetap pulang dengan catatan harus sadar diri memastikan benar-benar bersih sebelum pulang," ungkapnya.

Selain itu, Sandra tetap berpesan kepada masyarakat untuk tetap patuh dengan imbauan pemerintah terkait protap kesehatan waspada Covid-19.

"Mohon percayakan tim medis berjuang untuk kesembuhan pasien. Jaga kesehatan dengan pola hidup sehat sesuai anjuran pemerintah," imbuhnya.

Sandra juga menambahkan, peran Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya tidak lepas memberikan semangat kepada para tim medis. Menurutnya Inda sering memberikan mengirimkan berupa bingkisan makanan.

"Luar biasa ibu Wawali (Inda Raya) terima kasih support-nya untuk kita. Di saat penat selain menelepon anak dan suami dapat makanan dari beliau," sambungnya.

Di pihak lain, Inda Raya mengaku dirinya bangga atas kerja keras para tenaga medis. Dirinya sengaja mengirimkan bingkisan yang dipesannya dari para pelaku UMKM.

"Kita yang jelas sangat bangga dengan kerja para tim medis yang merupakan garda terdepan. Kebetulan para pelaku UMKM juga terdampak atas wabah Corona atas pemberlakuan physical distancing," ujar Inda Raya.

"Kita bantu mereka dengan memesan makanan dari UMKM bergilir kita bagi ke para tim medis. Baik di RSUD dr Soedono maupun RSUD Kota Madiun. Semua kita berikan yang terbaik," turupnya.
×
Berita Terbaru Update