Notification

×

Iklan

Iklan

Ridwan Kamil: Jangan Tolak Jenazah Pasien Covid-19

Sabtu, 04 April 2020 | 03.59 WIB Last Updated 2020-04-04T04:37:55Z
Ilustrasi pemakaman jenazah pasien virus Corona


BARAKreportase.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, meminta masyarakatnya agar tidak menolak pemakaman jenazah pasien Covid-19 di pemakaman umum.

Menurut pendapatnya, masyarakat Indonesia mestinya berikan empati kepada keluarga pasien virus Corona. Selain itu, penanganan jenazah pasien Covid-19 sudah mengikuti protokol kesehatan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Kesehatan Dunia (WHO). 

Ridwan Kamil menuturkan bahwa penolak pemamakam jenazah pasien Covid-19 justru akan memperdalam kesedihan keluarga pasien. Apalagi memberikan stigma negatif terhadapnya.

“Mari kedepankan rasa kemanusiaan, dengan merasakan apa yang orang lain rasakan. Mereka sudah kehilangan, mereka butuh dukungan, mereka butuh dikuatkan,” kata Ridwan Kamil, Jumat (3/4/2020).

Ia juga menambahkan bahwa virus tersebut akan mati pada saat inangnya mati. Lanjutnya, rumah sakit telah melakukan prosedur sehingga sudah sangat-sangat aman.

"Virus Corona atau Covid-19 akan mati saat si penderitanya telah meninggal," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Berli Hamdani Gelung Sakti, menjelaskan prinsip pemulasaran (pengurusan) jenazah pasien Covid-19 adalah untuk melindungi diri dan lingkungan dari infeksi Covid-19, sekaligus menghormati jenazah. (red)




Editor: Ilham Gunawan
×
Berita Terbaru Update