Notification

×

Iklan

Iklan

Ramadan di Tengah Pandemi, Pesantren Al-Ishlah Subang Gelar Pengajian Secara Virtual

Senin, 27 April 2020 | 04.51 WIB Last Updated 2020-06-21T16:54:39Z
Redaksi | Editor: Ilham Gunawan
KH Ushfuri Anshor saat memimpin pengajian kitab kuning di bulan Ramadan. (Foto: Tangkapan layar)

Barakreportase.com, Subang - Meskipun Ramadan kali ini sedikit berbeda, Pesantren Al-Ishlah Jatireja, Compreng, Subang, tetap adakan pengajian 'pasaran' seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, dalam situasi pandemi yang menganjurkan masyarakat untuk laksanakan physical distancing, guna antisipasi mengurangi kerumunan sebagai langkah pencegahan terhadap virus Corona atau Covid-19, pihak Pesantren berinisiasi untuk kanalkan pengajian tersebut secara virtual.   

Kegiatan yang dilangsungkan setiap malam pada bulan ramadan ini, berupa pengajian kitab Mukhatshar Jiddan bersama pengasuh, KH Ushfuri Anshor, yang ditayangkan secara live streaming melalui kanal Youtube dan Facebook oleh pihak Pengurus Pesantren, Minggu (26/4/2020). 

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengisi bulan suci Ramadan dengan mengkaji karya ulama dan tetap melestarikan tradisi luhur pesantren. Selain itu, metode daring ini diterapkan agar bisa diakses oleh publik dan santri yang tengah berada di rumah.    

"Insya Allah sesulit apapun ilmu, jika dipelajari itu tidak sulit. Adanya sulit itu karena kita tidak bisa," kata KH Ushfuri Anshor, yang juga akrab disapa Bapak oleh santri-santrinya.

Menurut beliau, meski dalam situasi pandemi, mengaji harus selalu dijalankan, apalagi di tengah keberkahan bulan Ramadan. KH Ushfuri juga berpesan, agar seluruh santri untuk tetap belajar, selain karena kewajiban, juga sebagai bekal kehidupan, di mana pun tempatnya.   

Selain kitab Mukhatshar Jiddan yang dikaji, juga ada 2 kitab lainnya, yakni kitab Tanwirul Qulub pada pukul 08.30 WIB serta kitab Safinatun Najah pada pukul 13.30 WIB hingga sore hari.

Langsung saja, yuk simak pengajian lewat video streamingnya:


×
Berita Terbaru Update