Notification

×

Iklan

Iklan

Pemerintah Melalui Kemensos Berikan Rp 405 Triliun Untuk Stimulus Penanganan Covid-19

Selasa, 07 April 2020 | 21.57 WIB Last Updated 2020-04-07T14:57:35Z
Editor:
Ilham Gunawan
 
Redaksi
Menteri Sosial RI/ Foto: Istimewa


BARAKreportase.com, Jakarta - Pemerintah pusat melalui Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari Batubara, mengatakan bahwa pemerintah mengeluarkan anggaran stimulus sebesar Rp 405 triliun untuk penanganan Covid-19.

Melalui konferensi video tersebut, Juliari dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR,  mengatakan dari anggaran Rp 405 triliun, sebanyak Rp 110 triliun di antaranya dialokasikan untuk program jaring pengaman sosial, Selasa (7/4/2020).

"Stimulus yang terakhir, yang dikeluarkan oleh pemerintah, bahwa dari Rp 405 triliun yang dialokasikan itu ada sekitar Rp 110 triliun yang dialoaksikan untuk program-program jaring pengaman sosial," kata Juliari.

Menurutnya, anggaran tersebut tidak semuanya diberikan secara tunai, sebesar Rp 405 triliun, lanjutnya, bantuan yang diberikan secara tunai adalah dana kesehatan dan jaring pengaman sosial.

"Tapi yang cash itu adalah dana kesehatan dan jaring pengaman sosial. Di dalam Rp 110 triliun yang sudah pasti ada alokasinya adalah perluasan untuk PKH dan perluasan untuk program sembako," ujarnya. 

Juliari mengatakan, kementerian yang mendapat anggaran lebih besar tahun ini adalah Kemensos, menurutnya, karena situasi ini merupakan salah satu berdampak pada sosial dan ekonomi.

"Karena dampak sosial, ekonomi dengan adanya pandemi global Covid-19 ini pasti akan sangat dirasakan, tidak hanya masyarakat miskin, tapi juga masyarakat yang rentan miskin akan menjadikan miskin," pungksnya.
×
Berita Terbaru Update