Notification

×

Iklan

Iklan

Pandemi Corona, Muspika Haurgeulis Lakukan Giat 3 Pilar Pemantauan dan Nusa II

Rabu, 01 April 2020 | 16.33 WIB Last Updated 2020-04-01T11:29:53Z
Muspika Kecamatan Haurgeulis lakukan pendataan langsung kepada warga Haurgeulis yang baru pulang dari Jakarta, di Stasiun Haurgeulis, Rabu (1/4/2020).


BARAKreportase.com, Indramayu - Gabungan Muspika Kecamatan Haurgeulis melaksanakan giat 3 pilar Pemantauan dan Nusa II, guna mendata identitas, pemeriksaan kesehatan awal dan memberikan imbauan terkait dengan pandemi virus Covid-19 kepada penumpang kereta api yang baru tiba dari Jakarta, Rabu (1/4/2020).

Pantauan barakreportase.com di stasiun Haurgeulis, tampak seorang petugas sambil memegang alat pengukur suhu memeriksa suhu badan penumpang kereta api yang baru tiba dari Jakarta, di pintu keluar stasiun Haurgeulis. Sebelum masuk ke area dalam stasiun Haurgeulis, pemeriksaan juga dilakukan secara keseluruhan saat penumpang hendak pulang ke kediamannya.

Botol hand sanitizer juga tampak disediakan di lokasi pintu masuk dan keluar yang sudah disiapkan oleh pihak stasiun Haurgeulis, mengingatkan penumpang untuk mencuci tangan saat hendak keluar meninggalkan stasiun.

Langkah antisipasi penyebaran virus Corona yang dilakukan Muspika Kecamatan Haurgeulis di stasiun Haurgeulis cukup mendapat apresiasi dari para penumpang kereta api. 

Camat Haurgeulis Rory Firmansyah, mengatakan pemeriksaan suhu badan penumpang dilakukan sebagai antisipasi pandemi virus Corona oleh penumpang. Pemeriksaan tersebut dilakukan secara menyeluruh.

"Antisipasi di stasiun Haurgeulis sudah dilakukan, seperti hand sanitizer yang sudah disiapkan di pintu masuk dan pintu keluar, tidak luput di loket pembelian manual sudah disiapkan alat pembersih. Imbauan juga sudah tersedia melalui tulisan dan pengeras suara. Kita juga sudah siapkan alat pengukur suhu dan memeriksa penumpang saat turun dari kereta," kata Rory di stasiun Haurgeulis.

Di tempat yang sama, Kepala Stasiun Haurgeulis Aris Setiadi juga turut serta mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Muspika Haurgeulis.

"Ini tanggung jawab kita bersama, agar masyarakat tidak resah dengan adanya pandemi virus Corona atau Covid-19," lanjut Rory.

Kapolsek Haurgeulis AKP Warmad, mengatakan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk validasi data tentang kedatangan masyarakat Haurgeulis yang baru tiba dari Jakarta. Bagi masyarakat yang sempat mudik dan sudah terlanjur di rumah, diharapkan untuk segera melapor ke aparat setempat, untuk memudahkan proses pendataan.


"Masyarakat yang baru tiba, agar mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk melakukan Isolasi Sendiri (Social Distacing) di rumah masing-masing," tegasnya.

Menurutnya, tidak hanya mengecek warga yang baru datang dari luar daerah, tetapi juga terus mengajak masyarakat untuk selalu membiasakan diri hidup sehat dan rutin olahraga di rumah.

"Kami mengimbau kepada masyarakat dengan tegas, agar untuk sementara ini tidak mengadakan acara yang dapat menimbulkan kerumunan masyarakat, guna meminimalisir penyebaran pandemi Covid-19," tuntasnya.




Reporter: Nanang
Editor: Ilham Gunawan
×
Berita Terbaru Update