Notification

×

Iklan

Iklan

Lantik Kuwu Singajaya dan Mundakjaya, Taufik Hidayat: Segera Lakukan Langkah Cepat Terkait Pencegahan Covid-19

Jumat, 03 April 2020 | 17.05 WIB Last Updated 2020-04-03T19:40:23Z
Dua Kuwu hasil PAW, tengah diambil sumpahnya oleh Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat, Jum'at (3/4/2020).

BARAKreportase.com, Indramayu - Kuwu Singajaya Habib Burrohman dan Kuwu Mundakjaya Surnata dari Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu hasil Pemilihan Antar Waktu (PAW), siang tadi, Jum'at (03/04/2020), resmi dilantik oleh Plt. Bupati Indramayu Taufik Hidayat di Ruang Ki Tinggil Setda Indramayu.

"Kuwu hasil PAW sekalipun bukan dipilih melalui pemilihan serentak, tetapi tugas dan kewajibannya sama dengan hasil pemilihan kuwu serentak," ujar Taufik.

Menurutnya Kuwu harus dapat menjalankan tugas penyelenggaraan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan serta pemberdayaan masyarakat desa dengan mempedomani perundang-undangan.

"Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa dan menanggulangi kemiskinan," imbuh Taufik.

Meski acara pelantikan kali ini dilakukan sedikit berbeda, tidak seperti sebelumnya yang ramai dihadiri oleh banyak tamu undangan. Namun, di tengah situasi pandemi virus Corona, pelantikan tetap dilakukan dengan cara sederhana yang hanya dihadiri oleh istri dan ketua BPD dari desa masing-masing.


Sebelumnya, Kuwu Singajaya Kecamatan Indramayu Habib Burrohman, resmi dilantik setelah melalui proses pemilihan kuwu antar waktu yang dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2020, dengan jumlah peserta 85 orang.  

Lalu Kuwu Desa Mundakjaya Kecamatan Cikedung Surnata, dipilih pada tanggal 03 Maret 2020 dengan peserta 121 orang. 

Lanjut Taufik, dua kuwu yang baru saja dilantik ini diharapkan untuk sesegera mungkin melakukan langkah-langkah penting dalam mengantisipasi pencegahan Covid-19 di wilayahnya masing-masing.

Taufik menyebutkan, para kuwu untuk memperhatikan surat edaran Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Nomor: 8 tahun 2020, tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa serta surat edaran Gubernur Jawa Barat Nomor: 6443/50/DPM-DESA tentang Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa. 

"Para Kuwu lah yang paling tahu keadaan sesungguhnya di masyarakat, termasuk para pendatang dan warga miskin di desanya. Mari kita bersatu dan berkomitmen bersama untuk menanggulangi Covid-19 ini," tegas Taufik.




Reporter: Nanang Asmari
Editor: Ilham Gunawan
×
Berita Terbaru Update