Notification

×

Iklan

Iklan

Lakukan Monitoring Terhadap ODP yang Mudik, Kapolsek Patrol Pastikan Steril dari Covid-19

Kamis, 02 April 2020 | 06.12 WIB Last Updated 2020-04-21T11:52:39Z
Tim Gerak Cepat (TGC) Kesehatan dari Puskesmas Patrol tengah bersiap lakukan pemeriksaan terhadap ODP yang mengeluhkan sakit.


BARAKreportase.com, Indramayu - Sebagai upaya antisipasi menekan terjadinya penyebaran pandemi Corona, Bhabinkamtibmas Polsek Patrol bersama Babinsa lakukan kegiatan monitoring dan pengecekan langsung kondisi warga desa Patrol Lor yang kembali dari luar wilayah, sekaligus giat silkam dan anjangsana di wilayah desa Patrol Lor Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu, pada Rabu (1/4/2020) siang. 

Kapolres Indramayu AKBP Suhermanto melalui Kapolsek Patrol AKP Rukman, menegaskan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan dalam rangka upaya deteksi dini Covid-19 dan pengecekan secara langsung, terkait dua warga dari desa Patrol Lor yang masuk ke dalam kategori orang dalam pengawasan (ODP) karena alasan mudik atau kepulangannya dari luar negeri dan luar daerah.

"Sebelumnya dua orang yang bersangkutan, Saudari Sri Devi (kepulangan dari Malaysia pada tanggal 1 Maret 2020), dan Saudara Ali (kepulangan dari Cilacap, Jawa tengah pada tanggal 16 Maret 2020), keduanya sempat mengeluhkan sakit," ujar AKP Rukman.

Namun, AKP Rukman menjelaskan bahwa dua orang dalam pengawasan (ODP) tersebut telah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Tim Gerak Cepat (TGC) dari Puskesmas Patrol, di mana dari hasil pemeriksaan, tidak ditemukannya gejala atau tanda-tanda yang mengarah pada telah terjangkitnya pandemi virus Corona atau Covid-19.


Lanjutnya, setelah melalui proses pemeriksaan oleh tim medis dari TGC Kesehatan, akhirnya Sri Devi dipastikan hanya menderita Tifus dan Ali, hanya menderita penyakit paru-paru kronis.

"Tidak ada. Keduanya tidak ada yang mengarah ke ciri-ciri telah terjangkitnya virus Corona setelah selesai melewati proses pemeriksaan. Kami mohon agar masyarakat tetap tenang, tidak panik dan tentu harus selalu waspada. Ikuti imbauan Pemerintah terkait upaya pencegahan-pencegahan terhadap pandemi virus Corona. Ini semata demi kebaikan kita bersama," kata AKP Rukman.

Dalam pelaksanaannya kegiatan tersebut melibatkan personil TNI-Polri, Kuwu desa Patrol Lor H. Sulaeman Nurkabir, Bhabinkamtibmas Polsek Patrol Bripka Setio N., Anggota Koramil 1614/Anjatan Serda Suhanda, Jajaran pamong desa Patrol Lor, dan segenap Tim Gerak Cepat (TGC) dari Puskesmas Patrol.

Camat Patrol H. Sulaeman juga ikut menambahkan, bahwa kegiatan ini sebagai bentuk keseriusan dan penindakan cepat pemerintah kecamatan dan tingkat desa, sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah pusat, dan seluruh stake holder yang terlibat dalam mencegah terjadinya pandemi virus Covid-19 di Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu.

"Dibutuhkan sinergitas oleh semua pihak dalam upaya bersama mencegah sedini mungkin masuknya pandemi virus Corona atau Covid-19 di Kecamatan Patrol. Jadi kami mohon, kerjasamanya bersama. Bukan hanya kami atau masyarakat saja, tetapi kita semua," pungkasnya.




Reporter: Nanang 
Editor: Ilham Gunawan
×
Berita Terbaru Update