Notification

×

Iklan

Iklan

Galang Donasi, IWO dan Rumah Zakat Indonesia Ajak Publik Bantu Masyarakat yang Terkena Dampak Covid-19

Selasa, 14 April 2020 | 05.30 WIB Last Updated 2020-04-14T06:30:41Z
Editor:
Ilham
Gunawan
 | Redaksi
Pamplet Ramadan Berbagi. (Foto: Istimewa)


Barakreportase.com, Indramayu - Di tengah pandemik Covid-19, Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Indramayu berencana akan menggandeng Rumah Zakat Indonesia, untuk menggelar kegiatan solidaritas sosial kepada masyarakat Indramayu yang terdampak virus Corona.

Ketua IWO Kabupaten Indramayu Tomi Indra, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut berupa pembagian 200 masker dan paket sembako gratis sebagai bentuk kepekaan sosial terhadap nasib warga Indramayu yang terdampak (Covid-19).

Menurut Tomi, kegiatan sosial ini akan direalisasikan di bulan suci Ramadan 1441 Hijriah mendatang.

"Rencananya pembagian masker dan paket sembako akan kita salurkan kepada masyarakat di skala mikro, yakni seperti tukang becak, sopir angkot dan pedagang kecil yang secara langsung terkena dampak dari pandemik Covid-19 ini. Adapun waktunya akan kami mulai pada awal bulan Ramadan," ujar Tomi, pada Senin (13/4/2020) malam.

Akibat dari pandemik ini, lanjut Tomi, sangat berpengaruh kepada perekonomian masyarakat. Di samping itu juga, aktivitas masyarakat menjadi melambat akibat adanya pysical distancing

"Mudah-mudahan kegiatan sosial yang akan dilakukan bisa membantu, paling tidak bisa meringankan beban masyarakat," kata dia.

Tomi juga menuturkan, rencananya pembagian masker dan paket sembako tersebut akan dilakukan secara mobiling di beberapa Kecamatan. Mulai dari Kecamatan Indramayu, Jatibarang sampai Karangampel. 

"Kami usahakan, pembagian paket sembako dilakukan secara tidak berkerumun. Kita yang datangi penerima paket sembako, secara 'door to door' ke permukiman warga. Selain itu, kami juga akan tetap jaga jarak dan menghindari kerumunan," imbuhnya.

Sementara itu, Korda Relawan Inspirasi Rumah Zakat Indramayu, Mujtahid mengatakan bahwa kegiatan sosial yang akan dilakukan bersama IWO Indramayu, merupakan wujud kepedulian bersama, antara pihaknya dengan IWO Indramayu terhadap masyarakat yang terkena dampak Covid-19.

"Penghasilan pekerja atau buruh lepas juga alami penurunan. Mudah-mudahan bantuan yang akan diberikan, setidaknya bisa memberikan semangat baru bagi mereka untuk tetap optimis di tengah situasi seperti saat ini," ujarnya.

Mujtahid juga mengajak masyarakat umum, untuk ikut berpartisipasi dan terlibat langsung dalam mendukung kegiatan ini.

"Mari saling bahu-membahu dalam membantu mereka. Kami juga menerima uluran tangan dari publik, untuk kemudian kita salurkan secara kolektif. Caranya, bisa lewat via transfer ke nomor rekening berikut,

   1. Muamalat no rek. 1010082208
   2. BNI syariah no rek 1555555589
   3. BNI no. Rek 1555155581
   4. Mandiri no rek 1320004819745
   5. BCA no rek 0943016001

".... Setelah terkirim, jangan lupa kirimkan juga bukti transfernya melalui sms/WA ke nomor 08112401377 sebagai konfirmasi kepada kami, guna untuk keperluan pendataan," pungkas Mujtahid.
×
Berita Terbaru Update