Notification

×

Iklan

Iklan

Penyemprotan Disinfektan Massal di Gantar, Disambut Antusias Warga

Kamis, 26 Maret 2020 | 16.20 WIB Last Updated 2020-03-29T18:21:42Z
Persiapan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan oleh stake holder Kecamatan Gantar, Kamis (26/3/2020).

BARAKreportase.com, Indramayu - Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Gantar menginisiasi aksi gotong royong penyemprotan cairan disinfektan secara massal di kawasan yang menjadi pusat pertemuan masyarakat.

Aksi penyemprotan massal disinfektan dimaksudkan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Kegiatan ini digelar serentak di tujuh Desa Se-Kecamatan Gantar, khususunya Desa Gantar pada Kamis (26/3/2020) pagi hari.

Plt. Camat Gantar Edi Wahyono mengatakan, penyemprotan dilaksanakan pagi hingga menjelang sore hari di masing-masing Desa.

Dalam giat tersebut, turut hadir pula jajaran Polri, TNI, Satpol PP serta perangkat Desa. Tidak hanya itu, aksi gotong royong penyemprotan cairan disinfektan ini juga melibatkan sejumlah elemen masyarakat lainnya, seperti Karang Taruna, BPD, LPM, Tokoh Ulama.
 .
Penyemprotan disinfektan dilakukan di beberapa lokasi fasilitas umum (Fasum), di antaranya Masjid, Musala, Sekolah, Posyandu, Kantor Desa serta di ruang publik lainnya. 

“Penyemprotan disinfektan dilakukan di semua ruang publik dan lokasi fasilitas umum. Pasalnya, lokasi tempat berkerumunnya massa, dinilai sangat rentan bisa terjadinya penyebaran virus Corona atau Covid-19,” kata Edi Wahyono.

Edi berharap, masyarakat bisa ikut melakukan penyemprotan di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing menggunakan bahan-bahan yang sudah direkomendasikan.

“Warga dapat belajar langsung dari aparat Desa setempat. Sebelumnya mereka telah mengikuti pelatihan tentang pembuatan larutan disinfektan, yang mana pelatihan tersebut digagas oleh UPTD Puskesmas Gantar,” ujarnya.


"Penyemprotan disinfektan massal ini juga bisa dilakukan dengan cara berkeliling ke tiap-tiap Blok di Desa Gantar," lanjutnya.

Sementara itu, Kuwu Desa Gantar Manan mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik dalam menyikapi wabah virus Corona.

“Selalu waspada, jangan lengah. Jaga diri sendiri untuk keselamatan bersama. Lakukan pola hidup sehat. Selain itu, patuhi imbauan pemerintah akan social distancing dan sementara waktu jauhi keramaian untuk memutus rantai penyebaran virus,” tegasnya.

Dia menambahkan, agar kiranya masyarakat untuk selalu menaati imbauan dan arahan pemerintah terkait langkah-langkah pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19.

"Mari bersama-sama lawan dan cegah virus Corona. Dimulai dari menjaga diri kita sendiri. Jangan lupa tetap ingatkan kepada kerabat terdekat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan," tutupnya.



Reporter: Nanang Asmari
Editor: Ilham Gunawan
×
Berita Terbaru Update