Notification

×

Iklan

Iklan

Kiai Ushfuri Anshor, Doa Bersama Tangkal Virus Corona

Senin, 23 Maret 2020 | 21.43 WIB Last Updated 2020-06-21T16:55:10Z
Doa bersama tolak bala Virus Corona dipimpin oleh Kiai Ushfuri Anshor di Masjid Baitul Mustaqim, Dusun Cinini, Sabtu (21/3/2020).

BARAKreportase.com, Indramayu - Yayasan Al Mustaqim Cinini selenggarakan doa bersama tolak bala Virus Corona atau Covid-19 di masjid Baitul Mustaqim Cinini, Sabtu 21 Maret 2020 mulai pukul 20.30 WIB. 

Dalam pelaksanaan acara tersebut, doa bersama tolak bala Virus Corona diikuti oleh jemaah warga NU dan masyarakat umum sekitar.


Sahri Mulyana Ketua Pelaksana Kegiatan menjelaskan, bahwa doa tolak bala Virus Corona dipimpin langsung oleh pengasuh Pondok Pesantren Al-Ishlah Jatireja Kiai Ushfuri Anshor. 


Acara doa, diawali dengan pembacaan istigasah dan dilanjutkan pembacaan manakib.


"Kemudian doa bersama-sama menolak bala wabah corona menggunakan doa yang kita dapat dari kiai-kiai sepuh sejak dulu. Kalau dalam sejarah Islam itu, apa yang terjadi saat ini ialah wabah di mana penyakit yang menular ada di berbagai tempat," ujar Kiai Ushfuri kepada BARAKreportase.com, Sabtu (21/3/2020).


Kiai Ushfuri membeberkan bahwa ada beberapa doa serta amalan-amalan yang diriwayatkan Nabi Muhammad SAW menghadapi situasi seperti saat ini.


"Jadi dengan membaca doa bersama, itu nanti menjadi amalan yang dilakukan secara bersama-sama dengan jemaah yang hadir. Karena apapun situasi saat ini, membutuhkan keseriusan penanganan, secara medis juga secara dohir," terangnya.


"Waspada boleh saja, tetapi perlu diingat, yang patut kita takuti bukan Virus Coronanya, tetapi zat yang memilikinya, yaitu Allah SWT.," lanjutnya.

Saat ditanya doa menolak bala Virus Corona, Kiai Ushfuri Anshor memaparkan bahwa doa itu lebih ampuh ketika dilaksanakan secara bersama-sama.


"Di antara semua cara berdoa, yang paling utama itu doa yang dipanjatkan secara berjamaah, bersama-sama. Termasuk dalam menangkal Virus Corona, selain dengan upaya medis, mari kita juga berikhtiar dengan istigasah," tegasnya.


Selain sebagai kegiatan doa bersama tolak bala Virus Corona, juga acara tersebut sekaligus diselenggarakan sebagai peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW., yang bertepatan dengan bulan Rajab di tahun (Hijriyah) ini.




Reporter: Nanang Asmari
Editor: Ilham Gunawan
×
Berita Terbaru Update